Chat with us, powered by LiveChat

Rispa Kicau Medan (RKM) atau Rispa Bird Farm mencoba untuk “mengembangbiakan, melestarikan & menikmati” kicauan burung murai batu lokal dar berbagai daerah asal krn setiap murai batu khas memiliki karakter yg berbeda satu dengan lainnya. Untuk melestarikan murai batu lokal, RKM mencoba mendisain pasangan sesuai asalnya, sehingga diharapkan diperoleh keturunan yg “setidaknya” mendekati trah/galur murninya. Perkawinan MB yang dilakukan oleh RKM adalah perkawinan murai batu yang berasal dari daerah yang sama, baik jantan maupun betina.

Untuk itu produksi murai batu yang dihasilkan oleh RKM relatif terbatas karena keterbatasan koleksi murai batu yang benar-benar diketahui asal usulnya. Jika salah satu dari pasangan murai batu mengalami ganti bulu/molting (mabung/ngurak), dan bila ketepatan tidak ada stok pasangannya maka pasangan tersebut diistirahatkan sampai selesai masa mabung.

Pembesaran anakan atau trotolan murai batu di RKM dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Diloloh langsung oleh induk murai, khususnya untuk pasangan yang pandai memelihara (meloloh) anakan setelah penetasan, sampai trotolan belajar terbang.
  2. Diloloh personil RKM, untuk pasangan-pasangan yang kurang atau tidak pandai mengurus anaknya setelah penetasan, berdasarkan pengalaman saat periode pemeliharaan trotolan sebelumnya.

Selanjutnya pembesaran pasca pelolohan, trotolan MB dibesarkan dalam kandang umbar untuk meningkatkan sifat naluri murai batu sebagai burung fighter dan diberi pakan alami seperti jangkrik, cacing, ulat dan kroto selain pakan instan dengan kandungan nutrisi yang seimbang untuk burung kicau pemakan serangga ini.

Pemasteran terhadap murai batu trah GL di RKM dilakukan sejak trotolan masa pelolohan sampai selesai mabung pertama atau ‘lepas trotol’.  Pemasteran dilakukan secara langsung melalui berbagai burung isian, maupun via suara kicauan sonic. Trotolan murai batu trah galur murni dapat diadopsi pada usia 2 sampai 3 bulan atau lebih yang penting trotolan sudah makan voer dan/atau serangga secara mandiri.

Mohon dukungan dari semua sahabat kicau mania semua. Materi-materi yang ada hampir semua murai batu kampung, seperti bahorok, marike, tapsel tomtamp, aceh lokop, aceh tangse, ujung deleng karo dan masih mencoba terus mencari materi dari kampung ke kampung.

Salam kicau mania,
Rispa Kicau Medan
Jl. Brigjen Katamso – Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published.